Pendidikan Luar Sekolah

PLS merupakan kependekan dari Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar sekolah merupakan salah satu Pendidikan yang tidak hanya mengepakan sayapnya dibidang formal tetapi juga ada di bidang non formal dan in formal. Memang sejatinya, pendidikan bukan hanya di dapat di jalur formal saja, tetapi juga di dapatkan di jalur informal dan nonformal. 
Kebanyakan Bidang Garapan PLS ada pada bidang Garapan Nonformal yang meliputi 7 bidang garapan yaitu
     1. Keaksaraan
Pada bidang keaksaraan pendidikan luar sekolah berperan untuk memberantas buta aksara yang ada di Indonesia. Bukan hanya buta aksara tidak dapat menulis atau membaca saja yang diberantas pada bidang keaksaraan ini. tetapi juga termasuk pada bidang Literasi. Sehinga masyarakat Indonesia menjadi melek aksara dan melek literasi. 
     2. Kesetaraan
Kesetaraan merupakan salah satu program paket kesetaraan yang dimana mencakup kesetaraan paket A, B, dan C. 
  • Paket A setera dengan Sekolah Dasar (SD)
  • Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)
     3. Kepemudaan
Kepemudaan merupakan salah satu bidang garapan PLS yang mengaju pada pemuda yang ada di suatu masyarakat, kepemudaan ini mencakup banyak hal, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat. Memang pemberdayaan masyarakat tidak hanya pemuda saja yang bergerak. Namun kini kebanyakan yang dapat digerakan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat adalah pemudanya, yaitu sebagai pelopor agar desa/masyarakat di suatu desa tersebut mau maju.
     4. Pemberdayaan Perempuan
Banyak sekali masalah-masalah perempuan yang tidak terberdayakan, dalam artian perempuan-perempuan menjadi minoritas, tertindas, ataupun termsubordinasikan, sehingga perlu adanya pemberdayaan perempuan.
     5. Lanjut Usia
Pada bidang garapan ini, PLS lebih berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang sudah mencapai usia 60 ke atas atau lebih sering disebut dengan LANSIA. Program LANSIA pun sangat beragam, tergantung kebutuhan masyarakat yang ada disana. 
     6. PAUD
Bidang garapan PLS yang paling menyenangkan bagi mereka yang menyukai anak-anak adalah PAUD, karena dengan adanya bidang PAUD ini mahasiswa PLS bisa belajar bagaimana mendidik anak yang baik dan benar. Terutama anak merupakan generasi emas bagi bangsa Indonsia.
     7. LifeSkil
Lifeskill atau ketrampilan ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat untuk melatih ketrampilan yang hendak dikuasainya. Ada banyak lifeskill yang bisa digarap mahasiswa PLS dan garapan itu pun tergantung pada Need Assesment atau analisis kebutuhan masyarakatnya. 
Dengan ke tujuh bidang garapan tersebut, tentu akan membawa peluang lebih banyak bagi mereka lulusan PLS. Selain peluang yang melimpah di jurusan Pendidikan Luar Sekolah, pengalaman dibidang PLS pun sangatlah banyak, mulai dari pengalaman menangani anak usia dini sampai orang yang sudah lanjut usia. Karena pada dasarnya Pendidikan Luar Sekolah merupakan Pendidikan sepanjang hayat, dimana pendidikan tidak hanya didapat dari SD sampai Kuliah saja tetapi di dapatkan sepanjang manusia itu hidup di dunia. Seperti pendidikan tambahan (NonFormal) dan Pendidikan tersirat (Informal).

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Bisnis Online

22 Prinsip Pengembangan Masyarakat